Kamu kerja kantoran? 3 Kegiatan Sampingan Untuk Dapat Uang Tambahan

Sejak pandemi Covid-19 di tahun 2020 ini, banyak terjadi PHK dimana-mana. Bahkan, dari data yang dirilis BPS di November 2020, tingkat pengangguran Indonesia mencapai per Agustus 2020 mencapai 9,22 juta orang. Nah! Punya kegiatan sampingan yang menghasilkan uang tambahan bisa membantu kamu di masa sulit seperti ini lho.

Beberapa influencer seperti Mas Ruby & Mas Samuel Ray pernah bahas di instagram story-nya tentang side-hustle a.k.a kegiatan sampingan. Mereka berbagi tentang kenapa side-hustle itu penting walaupun bukan sebuah keharusan, dan juga mereka sharing contoh-contoh sampingan yang dilakukan oleh followersnya.

Kenapa penting?

Coba bayangkan, misalnya kita dirumahkan oleh perusahaan karena alasan tertentu, dan kemudian asumsikan kamu belum punya tabungan karena kamu masih baru memulai karir. Kalau kamu punya kegiatan sampingan, maka untuk sementara kamu masih bisa berpenghasilan dari kegiatan sampingan untuk bertahan sementara.

Alasan lainnya menurut penulis, kegiatan sampingan juga bisa membantu kamu untuk mengasah skill kamu di luar pekerjaan kamu sehari-hari. Skill tambahan ini bisa kamu gunakan suatu saat nanti untuk di pekerjaan utama, atau untuk pindah karir ke industri lain.

Bahkan, ada juga yang seriusin kegiatan sampingan jadi bisnis sendiri. Contohnya Mas Ruby tadi, dia awalnya food photographer di weekend, sebelum akhirnya punya agency sendiri.

Nah, kalau menurut kamu punya kegiatan sampingan itu penting maka kamu perlu baca tulisan ini sampai habis.

Gimana Caranya?

Terus, apa aja kegiatan sampingan yang bisa kamu lakukan untuk cari uang tambahan?

1. Menulis blog

Selain untuk mencurahkan ide dan pemikiran, menulis blog juga bisa menghasilkan lho. Bahkan katanya bisa menghasilkan ratusan juta bahkan milyar.

Beberapa sumber penghasilan dari menulis blog yaitu iklan dari google adsense, kerja sama bikin konten dengan brand, tulisan premium yang berbayar, dan affiliate dari mereview produk.

Gimana caranya supaya bisa menghasilkan dari blog?

Mulai dulu aja yang sederhana. Ga perlu pusing, coba aja bikin akun dulu di wordpress.com. Jangan juga pusingin SEO dulu, yang penting mulai menulis. Mengadaptasai kata penulis buku Atomic Habit, mulailah dengan sangat mudah sampai kita ga perlu motivasi untuk melakukannya.

Kemudian, kejar jumlah tulisan sampai 100 (jumlah ini untuk patokan aja). Coba deh kamu mulai menulis artikel setiap hari sampai 21 hari, untuk membentuk kebiasaan dulu. Setelah kamu terbiasa, lanjutkan terus sampai 90 hari supaya menjadi gaya hidup.

Susah, saya paham. Bahkan dalam 10 tahun, tulisan saya tidak banyak. Makanya, saya juga masih berusaha untuk bisa konsisten menulis.

Setelah banyak menulis, kamu akan dapat dua hal yang sangat penting yaitu traffic/pengunjung dan skill. Nah kalau kamu udah dapat kedua hal ini, kamu bisa mulai memikirkan untuk monetisasi bisa dengan memanfaatkan traffic, menjual tulisan kamu dalam bentuk buku, menjual skill menulis konten kamu, atau membuat konten untuk jualan affiliate.

Salah satunya affiliate di Niagahoster. Kalau kamu mau level up dan hosting sendiri, kamu bisa klik di sini untuk pakai Niagahoster. Pakai kode kupon “blogregen”, kamu bisa dapat diskon 5%.

2. Membuat video edukasi

Kamu sudah berhasil menulis, tulisan-tulisan tersebut bisa kamu ubah jadi bentuk audio visual dan bisa diupload ke platform video hosting yang berpotensi menghasilkan.

Dua tempat dimana kamu bisa menghasilkan uang dari Video, yaitu Youtube dan Udemy. Sama halnya dengan blog, di youtube kamu juga bisa dapat uang dari adsense.

Selain itu, kamu juga bisa mereview produk di Youtube dan menjualnya dengan link affiliate. Banyak sekali affiliate program di luar sana. Saya sudah contohkan tadi bagaimana saya membuat rekomendasi affiliate Niagahoster dengan klik di sini.

Kemudian, selain Youtube kamu juga bisa membuat konten edukasi dan menjualnya via Udemy. Di udemy, selain kamu bisa menjual sendiri kelas yang kamu rekam, Udemy juga bisa bantuin kamu jual. Komisinya sharing antara Udemy dan kamu, jika kamu yang berhasil menjualkan maka kamu dapat fee lebih besar, begitu juga sebaliknya.

Nah, kalau kamu punya keahlian, sayang sekali kalau tidak dimanfaatkan untuk membantu orang sekaligus menghasilkan tambahan. Coba deh!

3. Berjualan merchandise sebagai dropshipper

Sekarang kamu sudah punya blog & koleksi video tutorial, kamu selanjutnya bisa menjual merchandise terkait blog kamu lho!

Tenang, kamu tidak perlu stok sendiri merchandise kamu. Kamu bisa mencari vendor yang bisa membuat merchandise. Salah satunya dropshipaja.com. Di sini kamu bisa pesan merchandise secara on demand, tanpa harus stok. Bahkan, dikirimkan oleh mereka langsung kepada pemesan.

Yang harus kamu lakukan sederhana, kamu bisa membuat sendiri atau menghire desainer untuk membuat desain, karakter, kata motivasi atau visual asset lainnya berdasarkan brand kamu yang selanjutnya bisa diprint di merchandise seperti: kaos, mug, atau case HP.

#MulaiAction

Akhir kata, kegiatan sampingan di atas ini bisa menghasilkan uang tambahan kalau mulai dilakukan. Yuk dicoba dulu!

Mulailah dengan sederhana dan konsistenlah terus. Semoga rezeki kamu melimpah selalu ya!

Leave a Reply

%d bloggers like this: